PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE AUDIO VISUAL DAN KONVESIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SERVIS PANJANG, LOB DAN SMASH BULUTANGKIS PADA SEKOLAH BULUTANGKIS PMS SOLO TAHUN 2015

MAHENDRA, REZZA ADILUHUNG PRASETYA (2017) PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE AUDIO VISUAL DAN KONVESIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SERVIS PANJANG, LOB DAN SMASH BULUTANGKIS PADA SEKOLAH BULUTANGKIS PMS SOLO TAHUN 2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (862Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Rezza Adiluhung Prasetya Mahendra. PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN METODE AUDIO VISUAL DAN KONVESIONAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SERVIS PANJANG, LOB DAN SMASH BULUTANGKIS PADA SEKOLAH BULUTANGKIS PMS SOLO TAHUN 2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh metode audio visual dan konvensional terhadap peningkatan keterampilan servis panjang, lob dan smash Bulutangkis PMS Solo tahun 2015; (2) Metode latihan yang lebih baik pengaruhnya antara metode audio visual dan konvensional terhadap peningkatan keterampilan servis panjang, lob dan smash Bulutangkis PMS Solo tahum 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain bulutangkis junior Sekolah Bulutangkis PMS Solo tahun 2015 sebanyak 48 atlet, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berdasarkan ciri kelompok umur, yaitu usia 10-13 tahun. Sampel yang digunakan sebanyak 30 atlet. Pembagian kelompok dalam penelitian ini dengan cara ordinal pairing. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data keterampilan bulutangkis berupa servis, lob, dan smash. Tes dan pengukuran yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah long serve test, high clear test, dan smash test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji normalitas, dan uji homogenitas. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kelompok dengan perlakuan metode audiovisual atau kelompok 1, mengalami peningkatan rata-rata 23,07 atau 16,23 % dari hasil tes awal 142,12 menjadi 165,19; (2) Kelompok dengan perlakuan metode konvensional atau kelompok 2, mengalami peningkatan rata-rata 10,33 atau 7,32% dari hasil tes awal 141,19 menjadi 151,52. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh antara audio visual dan konvensional terhadap peningkatan keterampilan servis panjang, lob dan smash bulutangkis pada atlet sekolah bulutangkis PMS Solo tahun 2015; (2) Metode audio visual lebih baik pengaruhnya daripada metode Konvensional terhadap peningkatan keterampilan servis panjang, lob dan smash bulutangkis pada atlet sekolah bulutangkis PMS Solo tahun 2015. Kata kunci: keterampilan servis panjang, lob dan smash bulutangkis, metode audiovisual, metode konvensional.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 16:21
    Last Modified: 09 Jan 2017 16:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31233

    Actions (login required)

    View Item