Kendala Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas X di SMK Negeri 1 Karanganyar

M, Ratih (2017) Kendala Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin Kelas X di SMK Negeri 1 Karanganyar. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (999Kb)

    Abstract

    Tugas Akhir ini dilatarbelakangi permasalahan apa saja kendala yang dihadapi saat mengimplementasikan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Mandarin Kelas X di SMK Negeri 1 Karanganyar, serta upaya penanganannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, studi dokumen, dan kuisioner. Objek penelitian ini adalah kelas X-5 (X AP 2). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Mandarin kelas X saat ini belum maksimal karena peserta didik baru pertama kali mempelajari bahasa Mandarin, mereka merasa bahwa bahasa Mandarin sulit dipelajari. Akan tetapi, peserta didik mau berinteraksi dengan peserta didik lain dan penulis dalam memecahkan masalah tersebut. Kendala yang dihadapi pada saat pembelajaran berlangsung diantaranya adalah peserta didik masih kesulitan menulis dan melafalkan kosakata, sehingga mengeluh ketika diminta belajar secara berkelompok. Upaya penanganan yang dilakukan diantaranya adalah menumbuhkan semangat belajar peserta didik dengan memberi nasihat pada saat pembelajaran berlangsung, mengajari mereka membaca kosakata, kalimat, dan dialog pendek. Selain itu, peserta didik juga harus dibiasakan berlatih menulis Hanzi. Dalam kegiatan pembelajaran ini, peserta didik memiliki kesan yang mendalam, yaitu mereka tidak hanya mempelajari bahasa Mandarin saja, akan tetapi mereka juga mengenal kebudayaan Tiongkok. Kata Kunci: Kendala, Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Mandarin 这项研究背景是Karanganyar 第一国立专业高中学校一年级汉语课的2013年课程大纲贯彻具有什么障碍、和如何解决那些障碍。 收集资料方法是观察、采访、书籍研究、和调查表。研究对象是一年级第五班的学生。 根据研究结果、2013年课程大纲还未最大化是因为学生们才第一次学汉语、他们觉得汉语很难。不过他们愿意跟别的学生和老师一起解决那些问题。那些障碍是写汉字和念汉字、所以老师叫学生们讨论的时候、他们认为很难。解决方法是鼓励和劝告学生、教他们练读生词、句子、和对话。学生们必须常常练写汉字。在学习过程中、学生们有深刻的印象、他们不只是学汉语、他们也认识中国文化。 关键词:障碍、课程大纲、汉语教学

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Bahasa Cina
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 16:16
    Last Modified: 09 Jan 2017 16:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31231

    Actions (login required)

    View Item