PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KERJASAMA SISWA KELAS XI SMA N KEBAKKRAMAT PADA MATERI FLUIDA STATIS

M, NYANTI RIZKY (2017) PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KERJASAMA SISWA KELAS XI SMA N KEBAKKRAMAT PADA MATERI FLUIDA STATIS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (882Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan pendekatan ilmiah melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Fluida Statis, (2) Mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Fluida Statis, (3) Mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penggunaan pendekatan ilmiah dan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Fluida Statis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yakni kelas XI IPA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 4 berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, teknik tes, dan teknik observasi. Kajian dokumen berupa nilai Ulangan Harian. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif Fisika siswa setelah pembelajaran Fisika materi Fluida Statis. Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data kemampuan kerjasama siswa selama pembelajaran materi Fluida Statis. Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalan dengan isi sel tak sama. Simpulan dari penelitian eksperimen ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan Pendekatan Ilmiah melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Fluida Statis (Fobs = 5,137> Ftabel = F0.05;1;68 = 3,98), (2) Ada perbedaan pengaruh antara kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Fluida Statis (Fobs = 46,817 > Ftabel = F0.05;1;68 =3,98), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan Pendekatan Ilmiah dan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI SMA Negeri Kebakkramat Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi Fluida Statis (Fobs = 0,131> Ftabel = F0.05;1;68 = 3,98). Kata Kunci : Pendekatan Ilmiah, metode eksperimen, metode demonstrasi, kemampuan kognitif siswa, kerjasama siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:54
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31227

    Actions (login required)

    View Item