OPTIMASI PARAMETER PEMULUSAN EKSPONENSIAL GANDA BROWN DAN HOLT DENGAN METODE GOLDEN SECTION UNTUK SIMULASI PREDIKSI HARGA RATA-RATA MINYAK MENTAH INDONESIA

SAPUTRA, NURRAHIM DWI (2017) OPTIMASI PARAMETER PEMULUSAN EKSPONENSIAL GANDA BROWN DAN HOLT DENGAN METODE GOLDEN SECTION UNTUK SIMULASI PREDIKSI HARGA RATA-RATA MINYAK MENTAH INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2236Kb)

    Abstract

    Kebijakan pemerintah yang mengalihkan subsidi dan menyerahkan harga pada mekanisme keekonomian menjadikan harga BBM dapat mengalami fluktuasi ireguler yang dapat memunculkan kekagetan pada masyarakat jika tidak diantisipasi dengan langkah-langkah preventif. Salah satu indikator penentuan harga BBM di Indonesia adalah Indonesian Crude Oil Price (ICP) sehingga mekanisme peramalan untuk memprediksi ICP menjadi sangat dibutuhkan. Metode exponential smoothing merupakan salah satu metode peramalan deret berkala yang dapat digunakan untuk meramalkan ICP. Masalah yang muncul dalam metode ini adalah menentukan parameter optimum untuk minimasi eror peramalan. Penelitian ini berfokus pada optimasi parameter menggunakan metode golden section. Data yang digunakan adalah ICP Januari 2011 s.d. Mei 2016. Analisis menunjukkan bahwa data berpola tren sehingga digunakan metode peramalan double exponential smoothing (DES) Brown dan Holt. Data dibagi menjadi data training dan testing dengan rasio 80 : 20. Residual antara hasil prediksi menggunakan parameter optimum dan data testing digunakan untuk uji kecukupan berupa uji normalitas dan uji kerandoman. Optimasi parameter menghasilkan nilai α optimum DES Brown sebesar 0,47206 dengan MAPE (Mean Absolute Percentage Error) optimum 13,061%, sedangkan untuk DES Holt nilai α optimum 0,56341 dan nilai γ optimum 0,05463 dengan MAPE optimum 13,063%. Uji kecukupan menunjukkan kedua metode dapat digunakan untuk prediksi. DES Brown dipilih sebagai metode terbaik untuk prediksi berdasarkan nilai MAPE dan uji kecukupan. Hasil prediksi menunjukkan ICP bulan Juni s.d. Desember 2016 cenderung naik. Perhitungan kompleksitas waktu menunjukkan kompleksitas metode DES Brown, DES Holt, dan golden section adalah O(n), dengan n adalah banyaknya data.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:52
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31226

    Actions (login required)

    View Item