PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA 6 DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR

Khasanah, Nuri Istifah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X MIPA 6 DI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1078Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan kognitif siswa melalui penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Karanganyar sebanyak 40 siswa. Data diperoleh melalui tes, pengamatan, wawancara dengan siswa serta kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 15 indikator untuk menilai sikap ilmiah siswa. Indikator keberhasilan sikap ilmiah siswa pada penelitian ini adalah 70 % siswa masuk dalam kategori baik untuk indikator antusias mencari jawaban, perhatian pada objek yang diamati, mempertahankan data meskipun kecil, menghargai pendapat/temuan orang lain, menerima saran dari teman, berpartisipasi aktif dalam kelompok, melakukan pengambilan data percobaan, dan melengkapi kegiatan praktikum; 60 % siswa masuk dalam kategori baik untuk indikator menggunakan data apa adanya, mengklarifikasi temuan teman, dan mengemukakan ide yang berbeda dengan teman kelas; 40 % siswa masuk dalam kategori baik untuk indikator bertanya mengenai langkah kegiatan praktikum/diskusi, mengambil keputusan sesuai fakta, melaporkan data apa adanya, dan menanyakan setiap perubahan/hal baru. Sedangkan indikator keberhasilan kemampuan kognitif siswa adalah minimal 70 % siswa dinyatakan tuntas, dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa SMA Negeri 1 Karanganyar kelas X MIPA 6 tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi sikap ilmiah siswa yang meningkat dari siklus I sampai siklus II dan mencapai indikator keberhasilan pada siklus II; (2) penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran Fisika dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA Negeri 1 Karanganyar kelas X MIPA 6 tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan kognitif yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II dan mencapai indikator keberhasilan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran apabila fasilitas sekolah mendukung, terdapat waktu yang panjang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Sikap Ilmiah, Kemampuan Kognitif

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:50
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31225

    Actions (login required)

    View Item