Pembelajaran Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016

MAGHFIROH, NAILIL (2017) Pembelajaran Model Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Modul Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (692Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) interaksi sosial pada materi pokok redoks siswa kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul, dan (2) prestasi belajar pada materi pokok redoks siswa kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.9 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui angket, tes, observasi, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model TAI berbantuan modul dapat meningkatkan: (1) interaksi sosial yang mengalami peningkatan dari 47,37% menjadi 71,05%, dan (2) prestasi belajar aspek kognitif sebesar 34,21% meningkat menjadi 65,79%. Sedangkan prestasi belajar aspek afektif pada siklus I telah mencapai target yaitu sebesar 81,58%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:36
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31219

    Actions (login required)

    View Item