Strategi Penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya Deradikalisasi Pada Generasi Muda (Studi di Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Gerakan Pemuda Ansor Surakarta)

G, MUHAMMAD YOG (2017) Strategi Penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya Deradikalisasi Pada Generasi Muda (Studi di Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Gerakan Pemuda Ansor Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (278Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Yogi Guntoro. K6412049. Strategi Penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya Deradikalisasi pada Generasi Muda (Studi di Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Gerakan Pemuda Ansor Surakarta) Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016 Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan respon generasi muda terhadap berkembangnya gerakan radikalisme di Indonesia. 2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi penguatan Ideologi Pancasila. 3) mengetahui pentingnya Ideologi Pancasila diterapkan pada generasi muda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) gerakan radikalisme yang muncul di Surakarta sering dilakukan dengan tindakan kolektif, gerakan radikal juga sering menargetkan generasi muda untuk dijadikan sebagai target perekrutan oleh organisasi radikal, karena pada usia muda seseorang sedang mencari identitas diri dan tidak jarang melakukan sesuatu yang ekstrim untuk memperoleh eksistensinya di masyarakat. Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai organisasi kepemudaan memberikan respon untuk menolak semua gerakan radikal yang melakukan tindakan ekstrim yang menyimpang dari ajaran Agama Islam dan berusaha mengubah Ideologi Pancasila dengan Ideologi lain. 2) Strategi penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya deradikalisasi pada generasi muda di Organisasi Kemasyarakatan Pemuda GP Ansor dilakukan melalui beberapa program antara lain yaitu a) Pelatihan Kader Dasar; b) Diklatsar Banser; c) Rijalul Ansor; d) BMT (Balimatul wa Maal Tamil); 3) Faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi Strategi Penguatan Ideologi Pancasila sebagai upaya Deradikalisasi pada Generasi Muda di Organisasi Kepemudaan GP Ansor Surakarta adalah sebagai berikut a) Faktor pendukung (1) GP Ansor selalu mengajak bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan penguatan Ideologi Pancasila; (2) Masyarakat kota Surakarta mendukung program-program yang dijalankan GP Ansor; (3) internal GP Ansor memiliki ikatan yang kuat antar anggota GP Ansor karena memiliki kesamaan visi; b) Faktor penghambat (1) Belum adanya sinkronisasi antara GP Ansor dengan pendidikan formal dalam melakukan penguatan Pancasila sebagai deradikalisasi; (2) Tidak adanya pedoman dari pemerintah tentang penguatan Ideologi Pancasila untuk ormas; (3) Arus globalisasi kian kuat yang memberikan dampak dengan terkikisnya nilai dan norma di masyarakat. Kata kunci: Ideologi Pancasila, Deradikalisasi, Generasi muda

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:33
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31218

    Actions (login required)

    View Item