Kombinasi Fuzzy-Algoritma Floyd Warshall Untuk Perencanaan Rute Evakuasi Korban Erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman

F, MUHAMMAD MAARIF (2017) Kombinasi Fuzzy-Algoritma Floyd Warshall Untuk Perencanaan Rute Evakuasi Korban Erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (700Kb)

    Abstract

    Penentuan lintasan terpendek dari satu titik ke titik yang lain adalah masalah yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya ketika terjadi erupsi gunung Merapi. Erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 menimbulkan banyak korban jiwa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi jumlah korban jiwa tersebut adalah dengan penentuan lintasan terpendek untuk rute evakuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan kombinasi antara algoritma Floyd Warshall dan Fuzzy. Hasil keluaran dari logika fuzzy yang merupakan bobot nilai dari tiap rute, diolah dengan algoritma Floyd Warshall. Algoritma Floyd Warshall menggunakan perhitungan ke semua simpul dengan matriks hubung graf dan keluarannya adalah boobot terkecil dari semua titik. Sehinga hasil yang didapat dari kombinasi kedua metode adalah hasil jalur yang optimal. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan adalah program ini mampu menunjukkan langkah-langkah untuk menemukan rute evakuasi dan menunjukkan node mana saja yang dilewati untuk jarak terpendek, Berdasarkan penelitian didapatkan hasil jalur evakuasi kedua algoritma sama. Running time algoritma Floyd Warshall lebih cepat daripada algoritma Exhaustive pada 270 percobaan yang dilakukan. Disimpulkan bahwa algoritma Floyd Warshall lebih cocok digunakan dalam perencanaan jalur evakuasi korban letusan Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Informatika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:30
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31217

    Actions (login required)

    View Item