PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

D, MUHAMMAD HARIS (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1127Kb)

    Abstract

    Muhammad Haris Dewantara. K8412053. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SISWA KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. September. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada materi integrasi dan reintegrasi sosial siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 SMA N 1 Boyolali sebanyak 34 siswa. Sumber data penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data utama adalah observasi dan tes sementara teknik pengumpulan data pendukung menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik. Persentase motivasi belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dari 26,47% pada siklus I menjadi 79.41% pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan dari nilai rata-rata kelas 78,35 dengan persentase ketuntasan sebesar 52,94% pada pratindakan meningkat menjadi 81,17 dengan persentase ketuntasan siswa 67.64% pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 87,88 dengan persentase ketuntasan 85.29% pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Boyolali Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Team Game Tournament, Motivasi belajar, Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:27
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31216

    Actions (login required)

    View Item