EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SURAKARTA

Uminingtyas, Marsha Putri Kun (2017) EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TIPE SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) DAN PROBLEM POSING TIPE PRE SOLUTION POSING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (938Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share dan Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) ada tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, (3) ada tidaknya interaksi penggunaan model pembelajaran Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share dan Problem Posing Tipe Pre Solution Posing dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan kognitif siswa. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 sel tak sama. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dari dua kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian. Teknik tes digunakan untuk mengetahui : (1) kemampuan berpikir kritis dengan instrumen soal uraian pada materi Fluida Dinamis dan (2) kemampuan kognitif siswa menggunakan instrumen ulangan harian pada materi Gelombang setelah dibelajarkan dengan model Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share pada kelas kontrol dan model Problem Posing Tipe Pre Solution Posing pada kelas eksperimen. Analisis data penelitian terdiri dari analisis data keadaan awal siswa dengan uji t dua jalan dan analisis hipotesis penelitian menggunakan uji analisis variansi dua jalan yang harus memenuhi syarat uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe dengan taraf signifikansi 5%. Kesimpulan dari penelitian antara lain : (1) Terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Solving Tipe Search, Solve, Create and Share (SSCS) dan Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Gelombang, (2) Terdapat perbedaan pengaruh kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dan kemampuan berpikir kritis kategori rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Gelombang, dan (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Gelombang. Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, Problem Solving Tipe SSCS, Problem Posing Tipe Pre Solution Posing

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 15:18
    Last Modified: 09 Jan 2017 15:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31213

    Actions (login required)

    View Item