Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

M, IRA MAYA TRI (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (426Kb)

    Abstract

    Ira Maya Tri Murningsih. K3312040. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI MIPA 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) sikap ilmiah siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 siswa.. Sumber data adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, kajian dokumen, angket penilian diri dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta. Pencapaian aspek sikap ilmiah pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II pencapaian aspek sikap ilmiah sebesar 93%, sehingga dapat diketahui peningkatan aspek sikap ilmiah dari siklus I ke siklus II adalah 33%. (2) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Surakarta. Dilihat dari persentase ketuntasan aspek pengetahuan siswa sebesar 63% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 93%, terjadi kenaikan aspek pengetahuan sebesar 30%. Pada aspek sikap persentase ketuntasan sebesar 100% dan indikator kompetensi sikap sudah memenuhi target sehingga tidak dilanjutkan ke siklus II. Sedangkan aspek keterampilan, persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 100% dan tidak dilanjutkan ke siklus II karena semua indikator sudah terpenuhi. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Inkuiri Terbimbing, Prestasi Belajar, Sikap Ilmiah, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 14:47
    Last Modified: 09 Jan 2017 14:47
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31204

    Actions (login required)

    View Item