PEREPAPAN PEMBELAJARAN LOMPAT DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR LOMPAT SISWA KELAS V SDN BIBISLUHUR II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

HERNANDA, ILHAM (2017) PEREPAPAN PEMBELAJARAN LOMPAT DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR LOMPAT SISWA KELAS V SDN BIBISLUHUR II SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (988Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ilham Hernanda. K5612041. PENERAPAN PEMBELAJARAN LOMPAT DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR LOMPAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BIBISLUHUR II SURAKARTATAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Skripsi, Surakarta :Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan gerak dasar lompat dengan pembelajaran kooperatif pada siswa kelas V SDN BIBISLUHUR IISurakarta Tahun Pelajaran2016 /2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VSDN BIBISLUHUR II Surakarta yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari13 siswa putri dan 23 siswa putra. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil pembelajaran gerak dasar lompat.Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwadenganpembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan belum menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dapat menambah semangat dan antusias siswa dalam mempelajari atletik gerakdasar lompat sehingga keterampilan gerak dasar lompat siswa masih rendah dan kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 69,44 %, sedangkan pada siklus II mencapai 88,89 %. Berdarakan analisis penelitian tindakan kelas, maka kesimpulan penelitian ini adalahpenerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar lompat siswa kelas V SDN BIBISLUHUR II SurakartaTahun Pelajaran 2016 /2017. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, gerak dasar lompat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 14:44
    Last Modified: 09 Jan 2017 14:44
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31203

    Actions (login required)

    View Item