UPAYA PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DILENGKAPI MEDIA WEBQUEST PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WIJAYANTO, HERRY (2017) UPAYA PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DILENGKAPI MEDIA WEBQUEST PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (725Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) sikap ilmiah siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilengkapi media WebQuest pada pembelajaran kimia materi sistem koloid, (2) prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilengkapi media WebQuest pada pembelajaran kimia materi sistem koloid. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Gondangrejo semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilengkapi media WebQuest dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa pada pembelajaran kimia materi sistem koloid. Presentase ketercapaian sikap ilmiah siswa pada siklus I sebesar 65,21% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,26%, (2) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dilengkapi media WebQuest dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia materi sistem koloid. Hal ini berdasarkan pada presentase ketercapaian prestasi belajar untuk ranah kognitif pada siklus I sebesar 56,52%, meningkat pada siklus II menjadi 82,60%, untuk ranah afektif presentase ketercapaian pada siklus I sebesar 82,61% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,30%. Sedangkan untuk ranah psikomotor hanya dilakukan pada siklus I dengan presentase ketercapaian sebesar 100%. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Project Based Learning (PjBL), WebQuest, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 14:38
    Last Modified: 09 Jan 2017 14:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31201

    Actions (login required)

    View Item