PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOLA STANDAR DAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWI KELAS Xl SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

GUNAWAN, HENKI (2017) PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOLA STANDAR DAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWI KELAS Xl SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (936Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hengki Gunawan. PERBEDAAN PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BOLA STANDAR DAN BOLA MODIFIKASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWI KELAS Xl SMA NEGERI 2 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh pembelajaran menggunakan bola standar dan modifikasi terhadap peningkatan kemaampuan Passing bawah bolavoli siswi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali; dan (2) Pembelajaran yang lebih baik pengaruhnya antara menggunakan bola standart dan bola modifikasi terhadap peningkatan kemaampuan Passing bawah bolavoli siswi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali sebanyak 72 siswi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, dimana peneliti dalam memilih sampel dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan wallpass. Teknik analisis data yaitu dengan reliabilitas dan uji perbedaan dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Petama, Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan bola standar dan menggunakan bola modifikasi terhadap penigkatan kemampuan passing bawah bolavoli pada siswi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016 (thitung 3,993> ttabel 5% 2,131) Kedua, Pembelajaraan menggunakan bola modifiksi lebih efektif daripada mengguakan bola standar di dalam meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli pada siswi kelas XI SMA Negeri Boyolali tahun Pelajaran 2015/2016, dengan peningkatan pembelajaran mengunakan bola modifikasi = 50,00% dan pembelajaran mengunakan bola setandar 39,15%. Kesimpulan Penelitian ini adalah Pertama, ada perbedaan pengaruh Pembelajaran menggunakan bola standart dan bola modifikasi terhadap kemampuan passing bawah bolavoli pada siswi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Kedua, Pembelajaran mengunakan bola modifikasi lebih baik pengaruhnya dari bola voli standart terhadap kemampuan passing bawah bolavoli pada siswi kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali Tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Passing bawah, pembelajaran menggunakan bola standar, Pembelajaran menggunakan bola modifikasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 14:33
    Last Modified: 09 Jan 2017 14:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31199

    Actions (login required)

    View Item