PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) DILENGKAPI HANDOUT BERBASIS MODEL LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

AZIZAH, HASNA PUTRI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) DILENGKAPI HANDOUT BERBASIS MODEL LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (927Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Hasna Putri Azizah. K3312032. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) DILENGKAPI HANDOUT BERBASIS MODEL LATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HIDROLISIS KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. September 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualized (TAI) dilengkapi Handout berbasis Model Latihan pada sub pokok bahasan Hidrolisis. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 43 siswa terdiri dari 14 laki-laki dan 29 perempuan. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif (aspek kognitif), observasi dan angket (aspek afektif dan kerjasama siswa), serta wawancara. Sedangkan untuk validitas data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualized (TAI) dilengkapi media Handout berbasis Model Latihan pada sub pokok bahasan Hidrolisis dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil penelitian pada siklus I yang menunjukkan bahwa capaian persentase kerjasama siswa sebesar 91% dan meningkat hingga 100% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualized (TAI) dilengkapi media Handout berbasis Model Latihan pada sub pokok bahasan Hidrolisis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang terdiri dari aspek afektif dan kognitif siswa. Hal ini berdasarkan pada persentase capaian aspek afektif siswa siklus I sebesar 91% dan siklus II sebesar 100% serta pada aspek kognitif siswa siklus I sebesar 39,53% dan siklus II sebesar 62,80%. Kata Kunci: Teams Assisted Individualized (TAI), Handout, Model Latihan, Kerjasama Siswa, Prestasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 14:30
    Last Modified: 09 Jan 2017 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31198

    Actions (login required)

    View Item