Skrining Jamur Penghasil Mananase dari Serasah Daun Salak Pondoh (Salacca zalacca var. pondoh) dan Identifikasi Berdasarkan Sekuen Gen Penyandi 18S rRNA

NURAINI, FATIA RIZKI (2017) Skrining Jamur Penghasil Mananase dari Serasah Daun Salak Pondoh (Salacca zalacca var. pondoh) dan Identifikasi Berdasarkan Sekuen Gen Penyandi 18S rRNA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Kb)

    Abstract

    Manan merupakan salah satu hemiselulosa penyusun biomasa tumbuhan. Manan dapat ditemukan pada berbagai tumbuhan termasuk famili Palmae. Mananase merupakan enzim yang dapat menghidrolisis manan menjadi monosakarida maupun oligosakarida. Mananase banyak diaplikasikan pada industri pakan ternak, pangan, dan kertas. Mananase banyak dihasilkan oleh jamur. Salak pondoh termasuk famili Palmae yang memiliki kandungan manan, sehingga diduga terdapat jamur mananolitik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat jamur mananolitik dari serasah daun salak pondoh. Sumber jamur diambil dari serasah daun salak pondoh yang didapat dari perkebunan salak pondoh di Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Isolasi jamur menggunakan media potato dextrose agar (PDA) dengan penambahan kloramfenikol. Skrining jamur mananolitik dilakukan dengan menggunakan media modifikasi Mandels yang mengandung locust bean gum 1%. Isolat jamur yang positif dapat menghasilkan mananase diketahui dari zona bening yang terbentuk di sekitar koloni. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 12 isolat dari 21 isolat jamur yang diisolasi dari serasah daun salak pondoh memiliki kemampuan menghasilkan mananase. Kata kunci: manan, mananase, salak pondoh, jamur, serasah daun.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 14:12
    Last Modified: 09 Jan 2017 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31193

    Actions (login required)

    View Item