SKRINING DAN KARAKTERISASI MIKROBA ENDOFIT SEBAGAI AGEN ANTAGONIS TERHADAP Fusarium oxysporum PADA TERUNG UNGU (Solanum melongena L.)

NURAINI, FAJAR RAHMAH (2017) SKRINING DAN KARAKTERISASI MIKROBA ENDOFIT SEBAGAI AGEN ANTAGONIS TERHADAP Fusarium oxysporum PADA TERUNG UNGU (Solanum melongena L.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (263Kb)

    Abstract

    Mikroba endofit adalah organisme mikroskopis yang hidup di dalam jaringan tanaman seperti di daun, akar, buah, dan batang tanpa membahayakan inangnya. Mikroba endofit memperoleh nutrisi dari hasil metabolisme tanaman yang dapat diubah menjadi senyawa aktif sehingga tanaman dapat diproteksi dari herbivora, serangga, atau jaringan yang terinfeksi patogen. Tanaman tingkat tinggi mengandung beberapa mikroba endofit yang mampu menghasilkan metabolit sekunder tersebut. Sampel tanaman terung diperoleh dari Dawung, Matesih, Karanganyar. Permukaan sampel disterilisasi untuk menghilangkan mikroba yang hidup di atasnya. Media untuk isolasi fungi endofit adalah potato dextrose agar sedangkan untuk isolasi bakteri endofit adalah nutrient agar. Dari hasil isolasi, diperoleh 9 isolat fungi dan 10 isolat bakteri. Kata kunci: Solanum melongena dan mikroba endofit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QL Zoology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 13:59
    Last Modified: 09 Jan 2017 13:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31191

    Actions (login required)

    View Item