PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016

UAWIYAH, DYAH (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    ABSTRAK Dyah Muawiyah. K3312026. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN DRILL AND PRACTICE PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR KELAS XI ICT DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) rasa percaya diri pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk siswa kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill and Practice; (2) prestasi belajar pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk siswa kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill and Practice. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Sumber datanya berasal dari siswa, observer, dan guru. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, kajian dokumen, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill and Practice dapat meningkatkan rasa percaya diri pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk siswa kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Siswa yang memiliki rasa percaya diri dengan kategori sedang hingga tinggi pada siklus 1 sebesar 51,52% dan 48,48%, sedangkan pada siklus 2 sebesar 42,42% dan 58,58%; (2) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Drill and Practice dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) untuk siswa kelas XI ICT di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Pada siklus 1 dan 2 untuk aspek afektif, diperoleh ketercapaian sebesar 81,82% dan 100% siswanya bersikap baik hingga sangat baik. Untuk aspek psikomotor, diperoleh ketercapaian sebesar 100% siswa tuntas. Sedangkan untuk aspek kognitif pada siklus 1 dan 2 diperoleh ketercapaian sebesar 39% dan 91% siswa tuntas. Kata Kunci: Penelitian tindakan kelas, student teams achievement division, drill and practice, rasa percaya diri, prestasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 13:51
    Last Modified: 09 Jan 2017 13:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31190

    Actions (login required)

    View Item