UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017

PRAJA, DIAS DWI SURYAHING (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (622Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Dias Dwi Suryahing Praja. K5612022. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VIIIE SMP NEGERI 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Karanganyar pada tahun ajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIE berjumlah 34 siswa dan obyek penelitinnya adalah meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti bekerjasama dengan guru penjasorkes. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, jurnal, penilaian pribadi, , penilaian praktik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah semua data yang tersedia, baik data kuantitatif secara statistik deskriptif komparatif (persentase) maupun data kualitatif secara analisis kritis. Berdasarkan hasil penalitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan : (1) hasil belajar lompat jauh sebesar 58,82% kategori cukup pada siklus I, meningkat menjadi 85,29% kategori baik pada siklus II, sehingga hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 64,72%, (2) Motivasi belajar siswa terhadap materi ajar lompat jauh gaya jongkok meningkat ditandai dengan kesungguh-sungguhan siswa dalam praktik melakukan lompat jauh gaya jongkok dan kerapihan siswa disaat mengantre untuk melakukan giliran lompat jauh gaya jongkok.. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achivement Division),Lompat Jauh Gaya Gongkok, dan Motivasi Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 13:09
    Last Modified: 09 Jan 2017 13:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31183

    Actions (login required)

    View Item