Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Handout dan Eksperimen pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016

ARIYANTI, DEWI (2017) Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Handout dan Eksperimen pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (484Kb)

    Abstract

    Dewi Ariyanti. K3312017. Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan Handout dan Eksperimen pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan handout dan eksperimen pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI berbantuan handout dan eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Peningkatan persentase ketercapaian aktivitas belajar siswa dari 42,86% pada prasiklus meningkat menjadi 85,71% pada siklus I. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Prestasi belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 46,43% meningkat menjadi 75,00% pada siklus II. Prestasi belajar aspek afektif telah mencapai target yaitu 82,14% pada siklus I. Prestasi belajar aspek psikomotor pada siklus I telah mencapai 100%.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:57
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31178

    Actions (login required)

    View Item