PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM KELAS X SMA MTA SURAKARTA

SETIAWAN, BENI (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM KELAS X SMA MTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (479Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Beni Setiawan, K5409011. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI MITIGASI DAN ADAPTASI BENCANA ALAM KELAS X SMA MTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Agustus 2016. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengembangkan multimedia interaktif dengan Adobe Flash pada pembelajaran geografi materi mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA MTA Surakarta, 2) Mengetahui kelayakan multimedia interaktif dengan Adobe Flash pada pembelajaran geografi materi mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA MTA Surakarta, 3) Mengetahui efektivitas multimedia interaktif dengan Adobe Flash pada pembelajaran geografi materi mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA MTA Surakarta. Metode penelitian yang digunakan berupa metode research and development (R&D). Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi, angket peserta didik, observasi, pre-test dan post-test serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Penelitian dan pengembangan menghasilkan sebuah produk multimedia interaktif dengan Adobe Flash yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada pembelajaran geografi materi mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA MTA Surakarta yang dikembangkan melalui beberapa tahapan pengembangan dari perencanaan, desain, dan pengembangan. 2) Multimedia interaktif dengan Adobe Flash layak digunakan pada pembelajaran geografi materi mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA MTA Surakarta. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ujicoba lapangan diperoleh masing-masing dengan skor modus 4 (kategori baik dalam Skala Likert) yang telah memenuhi syarat dari batas minimal kelayakan skor modus 4 sebagaimana telah ditentukan peneliti. 3) Multimedia interaktif dengan Adobe Flash efektif digunakan pada pembelajaran geografi materi mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA MTA Surakarta dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai N-gain yang lebih dari 0,71 dan 97% peserta didik telah mencapai KKM. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Adobe Flash, Pembelajaran Geografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:40
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31172

    Actions (login required)

    View Item