PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT SEBENARNYA DAN ALAT BANTU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOX PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SANTOSO, BAYU DWI (2017) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT SEBENARNYA DAN ALAT BANTU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOX PADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (423Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Bayu Dwi Santoso. K5612013.PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT SEBENARNYA DAN ALAT BANTU TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TOLAK PELURU GAYA ORTODOXPADA SISWA PUTRA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara pendekatan pembelajaran dengan mengunakan alat sebenarnya dan alat bantu bola plastik terhadap peningkatan kemampuan tolak peluru gaya Ortodox siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Pembelajaran mana yang lebih baik pengaruhnya antara pembelajaran dengan menggunakan alat sebenarnya dan alat bantu bola plastik terhadap peningkatankemampuan tolak peluru gaya Ortodox siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Subjek penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 97 siswa.Dalam penentuan subjek penelitian ini dilakukandengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara undian, didalam undian terdapat gulungan kertas yang tertulis didalamnya kata YA yang berjumlah 30 dan sisanya tertulis kata TIDAK. Sehingga kemudian yang mendapat undia kata YA yang diambil sebagai sampel.30 siswa yang dijadikan sampel peneliti.Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,instrumen tes yang yang diterapkan untuk tes awal dan akhir adalah menggunakan instrument tes tolak peluru gayaorthodox.Teknik analisis data menggunakan uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji –t. Hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui sebagai berikut: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan alat sebenarnya dan alat bantu bola plastik terhadap peningkatan kemampuan tolak peluru gaya Ortodox siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo tahun pelajaran 2016/2017(t hitung= 2,298> t tabel= 2,145). (2) Pembelajaran dengan alat sebenarnya lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan tolak peluru gayaOrtodox siswa putra kelas VIII SMP Negeri 1 Gondangrejo tahun 2016. Kelompok I pembelajaran dengan menggunakan alat sesungguhnya memiliki peningkatan hasil tolakan gayaorthodox sebesar 3.901%. Sedangkan kelompok II pembelajaaran menggunakan alaat bantu bola plastik memiliki pengkatan hasil tolakan gaya orthodox sebesar 1.919%. Kata Kunci: Pembelajaran dengan alat sesungguhnya, pembelajaran dengan alat bantu bola plastik, tolak peluru gaya orthodox.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:37
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:37
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31171

    Actions (login required)

    View Item