STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

NURROCHMA, ATIKA (2017) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (392Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Atika Nurrochma, K3312011. STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN MATEMATIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI POKOK BAHASAN KONSEP MOL KELAS X SMA NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara model pembelajaran tipe kooperatif Team Assisted Indiviualization (TAI) dan Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri pokok bahasan konsep mol, (2) pengaruh kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa pada pokok materi stoikiometri pokok bahasan konsep mol, (3) interaksi antara model pembelajaran tipe kooperatif Team Assisted Indiviualization (TAI) dan Group Investigation (GI) jika ditinjau dari kemampuan matematik terhadap prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri pokok bahasan konsep mol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Boyolali yang terdiri dari 8 kelas.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 yang diterapkan model pembelajaran Team Assisted Indiviualization (TAI) dan siswa kelas X MIA 3 yang diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) yang diambil dengan teknik clusterrandom sampling.Teknik pengumpulan data melalui tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data untuk penelitian ini untuk aspek pengetahuan menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama sedangkan untuk aspek sikap dan keterampilan menggunakan uji statistik non-parametrik Kruskal-Wallis. Hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa hanya pada aspek pengetahuan untuk materi Stoikiometri pokok bahasan konsep mol (2) terdapat pengaruh antara kemampuan matematik tinggi dan kemampuan matematik rendah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa hanya pada aspek pengetahuan untuk materi Stoikiometri pokok bahasan konsep mol (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) jika ditinjau dari kemampuan matematik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada materi Stoikiometri pokok bahasan konsep mol. Kata kunci: TAI, GI, Kemampuan Matematik,Prestasi Belajar, Stoikiometri, Konsep Mol

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:29
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31168

    Actions (login required)

    View Item