PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS) UNTUK HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saputra, Ardian Pramudana (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS) UNTUK HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (305Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Ardian Pramudana Saputra. K8410007. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PADA SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Sebelas Maret.Oktober 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes sebagai teknik utama dan didukung dengan teknik wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan memperhatikan perubahan hasil disetiap siklus yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Sosiologi pada siswa kelas X IPS 3 dari mulai siklus pra tindakan ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan persentase perolehan nilai rata-rata siswa di tiap siklus juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus pra tindakan nilai rata-rata 61,07 meningkat menjadi 71,45 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 81,37 pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 8 Surakarta. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
    H Social Sciences > HM Sociology
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:21
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31165

    Actions (login required)

    View Item