PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (SUB POKOK BAHASAN SEBARAN DAERAH RAWAN BENCANA ALAM)

, Apriyatno (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (SUB POKOK BAHASAN SEBARAN DAERAH RAWAN BENCANA ALAM). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1200Kb)

    Abstract

    Apriyatno. K5412012. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) DANLEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 4 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Sub Pokok Bahasan Sebaran Daerah Rawan Bencana Alam). Skripsi.Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Oktober 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Learning Cycle 7E, dan Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, (3) pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dan model pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. (4) pengaruh penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan “Sebaran Daerah Rawan BencanaAlam” peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian “Posttest Only Control Group Design”.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X IIS 2, X IIS 3, dan X IIS 4.Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan teknik tes dalam bentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Satu Jalan (One Way Anava) dan uji pasca anava (Metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan pengaruh pada penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Learning Cycle 7E, dan Ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan perbandingan nilai rerata 78,72; 75,92; 72,30 dan dibuktikan dengan hasil uji one-way anava diperoleh Fobs>Fα (8,2388>3,1239). (2) penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori dengan perbandingan nilai rerata 78,72; 72,30 dan dibuktikan dengan hasil uji pasca anava dengan metode Scheffe’ diperoleh Fobs>Fα (16,4655> 3,1239). (3) penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Ekspositori dengan perbandingan nilai rerata 75,92; 72,30 dan dibuktikan dengan hasil uji pasca anava dengan metode Scheffe’ diperoleh Fobs>Fα (5,3316>3,1239). (4) penerapan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Leaning Cycle 7E dengan perbandingan nilai rerata 78,72; 72,30 dan dibuktikan dengan hasil uji pasca anava dengan metode Scheffe’ diperoleh Fobs>Fα (3,4671>3,1239). Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa model pembelajaran yang memiliki pengaruh paling baik adalah model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), disusul model Learning Cycle 7E, dan model Ekspsitori. Kata Kunci :Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Leaning Cycle 7E, Kemampuan Berpikir Kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:18
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31164

    Actions (login required)

    View Item