PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI TINGKAT KERJASAMA SISWA KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT

H, APRILIYANI PUJI (2017) PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI TINGKAT KERJASAMA SISWA KELAS X SMA NEGERI KEBAKKRAMAT. EngD thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (132Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif siswa antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD melalui metode demonstrasi dan eksperimen; 2) ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif siswa antara kategori kerjasama tinggi dan rendah; dan 3) ada tidaknya interaksi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD metode demonstrasi dan eksperimen dengan kategori kerjasama tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Kebakkramat. Sampel yang terpilih adalah kelas X-2 dan X-4 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi untuk data kerjasama siswa dan teknik tes untuk data kemampuan kognitif siswa. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan frekuensi sel tak sama dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan kemampuan kognitif siswa antara penggunaan model pembelajaranmetode demonstrasi dan eksperimen (Fa=4,124>Ftabel=3,970). Siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD metode eksperimen memiliki kemampuan kognitif lebih baik dibandingkan metode demonstrasi; 2) ada perbedaan kemampuan kognitif siswa antara kategori kerjasama tinggi dan rendah (Fb=96,195>Ftabel=3,970). Kemampuan kognitif siswa dengan kategori kerjasama tinggi lebih baik dibandingkan kerjasama rendah; dan 3) tidak ada interaksi model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD metode demonstrasi dan eksperimen dengan kategori kerjasama tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (Fab=1,016

    Item Type: Thesis (EngD)
    Subjects: Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
    Depositing User: Denty Marga
    Date Deposited: 09 Jan 2017 12:15
    Last Modified: 09 Jan 2017 12:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31163

    Actions (login required)

    View Item