EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Riyanto, Joko (2017) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (961Kb)

    Abstract

    EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA ABSTRAK Oleh: JOKO RIYANTO K2512047 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 ABSTRAK Joko Riyanto. K2512047. EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MENGGUNAKAN MODELCIPP PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) konteks (context) Program Praktik Industri meliputi (a) tujuan Program Praktik Industri, (b) sasaran Program Praktik Industri, (c) relevansi Program Praktik Industri, (d) sistem pengelolaan Program Praktik Industri; (2) masukan (input) Program Praktik Industri yang meliputi (a) penyiapan pengelolaan Program Praktik Industri, (b) penyiapan kompetensi mahasiswa; (3) proses (process) pelaksanaan Program Praktik Industri yang meliputi (a) peran mahasiswa (b) peran dosen pembimbing (c) peran instruktur industri (d) hambatan pelaksanaan Program Praktik Industri; (4) produk (product) Program Praktik Industri meliputi (a) pengembangan personalitas mahasiswa (b) pengembangan keterampilan mahasiswa (c) kesiapan kerja mahasiswa (d) pengalaman inovatif mahasiswa (e) kepuasan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP (Context, Input, Process, Product).Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu koordinator Program Praktik Industri, Dunia Industri (DU/DI), dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin pelaksana Program Praktik Industri periode 2015 dan periode 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan angketyang bertujuan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan Praktik Industri berdasarkan model evaluasi CIPP, observasi untuk memperoleh data yang berkaitan dengan proses pelaksanaan Praktik Industri , dan wawancara untuk menggali informasi yang berkaitan dengan Praktik Industri secara mendalam. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas logika. Teknik analisis kuisioner yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis rata-rata yang dinilai berdasarkan kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi terhadap konteks (context) Program Praktik Industri tergolong tinggi, aspek ini meliputi: (a) ketercapaian tujuan Program terhadap pelaksanaan Praktik Industri, (b) ketercapaian sasaran Program terhadap pelaksanaan Praktik Industri, (c) adanya relevansi Program Praktik Industri dengan Dunia Industri (DU/DI), (d) adanya sistem pengelolaan Program Praktik Industri yang baik; (2) evaluasi terhadap masukan (input) Program Praktik Industri tergolong cukup. Aspek masukan meliputi: (a) penyiapan pengelolaan Program Praktik Industri, (b) penyiapan kompetensi mahasiswa; (3) evaluasi terhadapproses (process) pelaksanaan Program Praktik Industri tergolong cukup. Aspek proses yang meliputi: (a) peran mahasiswa (b) peran dosen pembimbing (c) peran instruktur industri (d) hambatan pelaksanaan Program Praktik Industri; (4) evaluasi terhadap produk (product) Program Praktik Industri tergolong tinggi. Aspek produk meliputi: (a) pengembangan personalitas mahasiswa (b) pengembangan keterampilan mahasiswa (c) kesiapan kerja mahasiswa (d) pengalaman inovatif mahasiswa (e) kepuasan mahasiswa. Kata kunci: Evaluasi Program, CIPP, Program Praktik Industri ABSTRACT The objectives of research are to evaluate: (1) the context of industrial Practice Program including (a) objective of Industrial Practice Program, (b) goal of Industrial Practice Program, (c) relevance of Industrial Practice Program, (d) management system of Industrial Practice Program; (2) input of Industrial Practice Program including (a) preparation of Industrial Practice Program management, (b) student competency preparation; (3) implementation process of Industrial Practice Program including (a) students’ role, (b) consultant’s role, (c) industrial instructor’s role, and (d) constraints in the implementation of Industrial Practice Program; (4) product of Industrial Practice Program including (a) students’ personality development, (b) students’ skill development, (c) students’ work readiness, (d) students’ innovative experience, and (e) students’ satisfaction. This study was taken place in Mechanical Engineering of Education Study Program of Surakarta Sebelas Maret University. This research employed descriptive evaluative research method with CIPP (Context, Input, Process, Product) model. The sample of research was taken using purposive sampling technique including coordinator of Industrial Practice Program, Industrial Word, and Students of Mechanical Engineering of Education Study Program as the executor of Industrial Practice Program in the periods of 2015 and 2016. Techniques of collecting data used were questionnaire aiming to obtain data related to Industrial Practice based on CIPP evaluation model, observation to obtain data related to Industrial Practice implementation process, and in-depth interview to explore information related to Industrial Practice. Data validation in this research was carried out using logic validity. Technique of analyzing questionnaire used in this research was the analysis of mean assessed based on assessment criteria. The result of research show as follows; (1) evaluation on the context of Industrial Practice Program belonged to high category, this aspect included: (a) the achievement of Industrial Practice’s objective, (b) the achievement of Industrial Practice’s goal, (c) the relevance between Industrial Practice Program and Industrial World, (d) good management system of Industrial Practice Program; (2) evaluation on input of Industrial Practice Program belonged to fair (moderate) category. Input aspects included: (a) preparation of Industrial Practice Program management, (b) preparation of student competency; (3) evaluation on the process of Industrial Practice Program implementation belonged to fair (moderate) category. The aspect of process included: (a) students’ role, (b) consultants’ role, (c) industrial instructor’s role (d) constraints in the implementation of Industrial Practice Program; (4) evaluation on the product of Industrial Practice Program belonged to high category. Aspect category included: (a) students’ personality development, (b) students’ skill development, (c) students’ work readiness, (d) students’ innovative experience, (c) students’ satisfaction. Keywords: Program Evaluation, CIPP, Industrial Practice Program

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 21:50
    Last Modified: 01 Jan 2017 21:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31158

    Actions (login required)

    View Item