Efek Aplikasi Pendekatan Bermain Terhadap Kemampuan Passing Menyusur Tanah pada Sekolah Sepakbola AD Batik Surakarta Kelompok Umur 13-14 Tahun

Kurniawan, Ikhsan Fajar (2017) Efek Aplikasi Pendekatan Bermain Terhadap Kemampuan Passing Menyusur Tanah pada Sekolah Sepakbola AD Batik Surakarta Kelompok Umur 13-14 Tahun. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (311Kb)

    Abstract

    Ikhsan Fajar Kurniawan. K4612076 EFEK APLIKASI PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN PASSING MENYUSUR TANAH PADA SEKOLAH SEPAKBOLA AD BATIK SURAKARTA KELOMPOK UMUR 13-14 TAHUN.Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Keefektifan efek aplikasi pendekatan bermain terhadap kemampua passing menyusur tanah pada sekolah sepakbola AD Batik Surakarta kelompok umur 13-14 tahun, dan (2) Pendekatan yang lebih baik efeknya antara pendekatan bermain dan pendekatan teknik terhadap kemampuan passing menyusur tanah pada sekolah sepakbola AD Batik Surakarta kelompok umur 13-14 tahun. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik sekolah sepakbola AD Batik Surakarta kelompok umur 13-14 tahun yang berjumlah 30 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksperimen Kuasi (PEK) yang dilaksanakan dengan desain Matching Pretest-Posttest Comparrison Control Group Design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes dan pengukuran kemampuan passing menyusur tanah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini, Pertama, aplikasipendekatan bermain memberikan efek terhadap kemampuan passing menyusur tanah pada sekolah sepakbola AD Batik Surakarta kelompok umur 13-14 tahun yang bisa dilihat dari hasil perbandingan secara inferensial mengalami kenaikan dari 30,5 % (tanpa variabel kovariat) menjadi 76,2 % (dengan variabel kovariat). Kedua, aplikasi pendekatan bermain lebih baik efeknya daripada pendekatan teknik terhadap kemampuan passing menyusur tanah pada sekolah sepakbola AD Batik Surakarta kelompok umur 13-14 tahun. Berdasarkan presentase peningkatan kemampuan passing menyusur tanah menunjukkan bahwa kelompok eksperimen (kelompok yang mendapat perlakuan dengan pendekatan bermain) adalah 72,7% lebih besar daripada kelompok kontrol (kelompok yang mendapat perlakuan dengan pendekatan teknik) adalah 31,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, aplikasipendekatan bermain memberikan efek terhadap kemampuan passing menyusur tanah serta aplikasi pendekatan bermain lebih baik efeknya daripada pendekatan teknik terhadap kemampuan passing menyusur tanah pada sekolah sepakbola AD Batik Surakarta Kelompok Umur 13-14 tahun. Kata Kunci: kemampuan passing menyusur tanah sepakbola, pendekatan bermain, pendekatan teknik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 21:42
    Last Modified: 01 Jan 2017 21:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31154

    Actions (login required)

    View Item