STRATEGI PEMASARAN PADA CV RODA JATI DALAM PENINGKATAN VOLUME EKSPOR FURNITUR MELALUI DIRECT DAN INDIRECT PROMOTION

WIDYASTIARSO B, IHLAL (2017) STRATEGI PEMASARAN PADA CV RODA JATI DALAM PENINGKATAN VOLUME EKSPOR FURNITUR MELALUI DIRECT DAN INDIRECT PROMOTION. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    ABSTRAK STRATEGI PEMASARAN PADA CV RODA JATI DALAM PENINGKATAN VOLUME EKPSOR FURNITUR MELALUI DIRECT DAN INDIRECT PROMOTION IHLAL WIDYASTIARSO BAYU AJI F3113029 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan tentang strategi pemasaran melalui direct dan indirect promotion di CV Roda Jati. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung kepada staff ekspor dan manajer CV Roda Jati. Data sekunder diperoleh dari CV Roda Jati, data sekunder meliputi data biaya promosi dari tahun 2011 – 2015 dan data volume ekspor 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang diterapkan oleh CV Roda Jati yaitu dengan direct dan indirect promotion. Strategi direct promotion yaitu CV Roda Jati melakukan promosi dengan cara pameran dagang, dan personal selling. Strategi indirect promotion pada CV Roda Jati adalah perusahaan membuat website, catalog produk, dan via phone. Hambatan yang dihadapi perusahaan dalam melaksanakan kegiatan promosi adalah biaya yang tinggi, perekonomian yang cenderung melemah, kurang memaksimalkan media promosi, produk yang tidak sesuai keinginan buyer. Dalam menangani permasalahan yang dihadapi perusahaan dalam melakukan promosi adalah menyiapkan dana tersendiri untuk promosi, memberikan pelayanan yang baik kepada calon buyer, bekerja sama dengan media partner dalam membuat catalog produk, memberikan penawaran yang bagus kepada buyer. Rekomendasi penelitian ini adalah: a) Perusahaan harus dapat memaksimalkan strategi promosi yang diterapkan oleh perusahaan khususnya dalam mengikuti pameran. b) Saat melakukan pameran membawa produk yang digunakan sehari-hari seperti kursi dan meja makan. c) Strategi harga perushaan sebaiknya memberikan penawaran harga produk yang sejenis yang lebih murah dari perusahaan lain. Kata Kunci: Ekspor, Furnitur, direct dan indirect promotion

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Perdagangan
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 21:39
    Last Modified: 01 Jan 2017 21:39
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31153

    Actions (login required)

    View Item