Pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Resiko Kredit, Pendapatan Bunga Bersih, dan GWM Terhadap Return On Assets (Studi pada perusahaan sektor bank yang terdaftar di BEI periode 2011-2015)

DIPURA, FAJAR SUKMA (2017) Pengaruh Kecukupan Modal, Likuiditas, Resiko Kredit, Pendapatan Bunga Bersih, dan GWM Terhadap Return On Assets (Studi pada perusahaan sektor bank yang terdaftar di BEI periode 2011-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (181Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecukupan modal, likuiditas, resiko kredit, pendapatan bunga bersih, dan GWM terhadap kinerja perbankan dengan proxy variabel return on asset pada perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode pengamatan 2011-2015. Data yang digunakan adalah jenis data sekunder. Variabel CAR, LDR, NPL, NIM, dan GWM diperoleh dari laporan keuangan atau peritungan dari annual report perbankan yang berakhir pada tanggal 31 Desember yang diambil dari Otoritas Jasa Keuangan tahun 2011-2015. Variabel ROA diperoleh dari perhitungan net income dibagi dengan rata-rata nilai asset pada tahun 2011-2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan di Indonesia. Dengan metode purposive sampling, dipilih sampel sebanyak 27 perbankan yang terdaftar di BEI dan memiliki laporan keuangan lengkap pada tahun 2011-2015. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis meliputi uji t, uji F, koefisien determinasi, serta uji asumsi klasik yang berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heterokedastisitas melalui program IBM SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: Secara simultan model ini berpengaruh terhadap ROA perbankan, tetapi secara partial, (1) CAR memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap ROA, (2) LDR memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap ROA, (3) NPL memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap ROA, (4) NIM memiliki pengaruh signifikan positif terhadap ROA, dan (5) GWM memiliki pengaruh signifikan negatif terhadap ROA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 21:20
    Last Modified: 01 Jan 2017 21:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31145

    Actions (login required)

    View Item