PENGEMBANGAN BUKU TEKS NOVEL-NOVEL JAWA MODERN PERIODE PASCAKEMERDEKAAN BERBASIS PENDIDIKAN BUDI PEKERTI (Penelitian Pengembangan di Universitas Se-Jawa Tengah)

SULAKSONO, DJOKO (2017) PENGEMBANGAN BUKU TEKS NOVEL-NOVEL JAWA MODERN PERIODE PASCAKEMERDEKAAN BERBASIS PENDIDIKAN BUDI PEKERTI (Penelitian Pengembangan di Universitas Se-Jawa Tengah). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (555Kb)

    Abstract

    Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini untuk menjawab permasalahan mengenai: (1) kondisi buku teks dan kebutuhan buku teks tentang novel-novel Jawa yang diharapkan dalam pembelajaran perguruan tinggi se-Jawa Tengah; (2) proses pengembangan draf awal buku teks Novel-novel Jawa Berbasis Pendidikan Budi Pekerti Periode Pascakemerdekaan Berbasis Pendidikan Budi Pekerti menjadi buku teks; (3) keefektifan buku teks novel-novel Jawa modern periode pascakemerdekaan berbasis pendidikan budi pekerti. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Acuan dalam penelitian ini mengadopsi dari Borg & Gall dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap pendahuluan (tahap eksplorasi dan analisis kebutuhan); (2) tahap pengembangan model (expert judgement, uji terbatas, dan uji lebih luas); (3) tahap pengujian keefektifan (buku teks);. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu empat universitas yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa meliputi (1) Universitas Sebelas Maret; (2) Universitas Muhammadiyah Purworejo; (3) Universitas PGRI Semarang; dan (4) Universitas Veteran Bantara Sukoharjo. Pada studi eksplorasi, ditemukan hal-hal antara lain: (1) buku teks yang digunakan di keempat perguruan tinggi (UNS, UMP, UPGRIS, dan UNIVET) masih menggunakan buku teks kritik sastra secara umum, (2) Dosen dan mahasiswa membutuhkan buku teks tentang novel-novel Jawa modern. Selanjutnya, pada tahap pengembangan, pengujian dilakukan dengan pretest dan postest serta dihasilkan buku teks Novel-novel Jawa Modern Periode Pascakemerdekaan Berbasis Pendidikan Budi Pekerti. Peningkatan nilai mahasiswa terlihat pada saat sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan. Nilai mahasiswa yang diajar menggunakan buku teks novel-novel Jawa modern periode pascakemerdekaan berbasis pendidikan budi pekerti lebih baik dibanding yang tidak menggunakan buku teks tersebut. Adapun uji statistik pada tahap ini menggunakan uji-t-Non-Independent. Pada uji keefektifan, hasil penghitungan pada tahap pretest dengan menggunakan perhitungan statistik Anova satu jalan, diketahui harga signifikansi dari Mean Difference (I-J) memiliki signifikansi< 0,05, sehingga Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis ini yaitu ada perbedaan yang signifikan antar kelompok penelitian. Sementara itu, hasil penghitungan pada tahap posttest dengan menggunakan perhitungan statistik anava satu jalan, diketahui harga signifikansi dari Mean Difference (I-J) memiliki signifikansi < 0,05, sehingga Ho ditolak. Kesimpulan dari hasil analisis ini adalah ada perbedaan yang signifikan antar kelompok penelitian.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Doktor > Pendidikan Bahasa Indonesia - S3
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 20:57
    Last Modified: 01 Jan 2017 20:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31136

    Actions (login required)

    View Item