ANALISIS TATA RUANG KANTOR (Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali

Hapsari, Dinka Rizky Dwi (2017) ANALISIS TATA RUANG KANTOR (Studi Kasus di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1040Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kondisi tata ruang kantor yang ada pada Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali, (2) mengetahui hambatan-hambatan yang timbul pada penataan ruang kantor di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali , (3) mengetahui upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan pada penataan ruang kantor di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali, (4) mengetahui kenyamanan kerja pegawai pada penataan ruang kantor di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Boyolali Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel bola salju (snowball sampling) dengan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Boyolali sebagai informan kunci. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data dilakukan dengan sistem wawancara yang didukung dengan observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data dan trianggulasi metode, sedangkan teknik analisis data interaktif dengan mengumpulkan data awal; reduksi data; penyajian data dan kemudian mendefinisikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Kantor DISDIKPORA Boyolali masih menghadapi beberapa masalah tata ruang kantor, seperti masih menggunakan mesin absensi manual, tidak ada sekat untuk Ruang Kepala Subbagian, dokumen yang tidak tertata dengan baik; (2) Hambatan yang dihadapi DISDIKPORA Boyolali dalam hal tata letak kantor, seperti dalam mengatur meja kerja; kurangnya ruang untuk penyimpanan arsip dan furnitur tambahan yang tidak terpakai, sehingga itu bisa mengurangi kenyamanan karyawan; (3) Dalam hal mengatasi hambatan yang ada, kantor DISDIKPORA Boyolali telah melakukan beberapa upaya seperti: mengusulkan untuk pengadaan barang (filling cabinet dan arsip rak); mengurangi meja kerja yang tidak terpakai dan mengatur ulang meja kerja, sehingga dapat meningkatkan kenyamana kerja pegawai; (4) Dalam hal menentukan tata letak kantor terbuka; memasang pembatas antara pimpinan dan bawahan; pencahayaan; sirkulasi udara; keamanan; kebersihan dan keindahan, kantor Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga sudah memberikan kenyamanan bagi karyawan. Kata kunci: tata ruang kantor, tata ruang kantor terbuka, kenyamanan kerja. ABSTRACT The purposes of this research are: (1) define the office layout condition in the office of Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga of Boyolali Regency, (2) define the obstacles appeared in Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga of Boyolali Regency’s office layout, (3) define the efforts that has been done to overcome the obstacles faced in the Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga of Boyolali Regency’s office layout, (4) define the working cosiness of the employees in Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga of Boyolali Regency. This research use the qualitative research with the descriptive research method. The research strategy used in this research is the single-case study. This research use the snowball sampling technique with the secretary of Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga of Boyolali Regency as the key informant. In this research, the data collection method done by having an interview supported with observation and documentation. The data validity test technique used is the data triangulation and method triangulation, while the data analysis technique is by collecting the preliminary data, data reduction, data presentation and then defining the conclusion or verification. The result of this research could be concluded that (1) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Office of Boyolali Regency still has some obstacles in term of office layout; (2) such as in arranging the working table, lack of space for archives storage and the unused extra furniture, so that it could reduce the cosiness of the employees; (3) To overcome the existing obstacles, the office of Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga has done some efforts such as: proposing for the stuff procurement (filling cabinet and archive shelf), reducing the unused working table and re-arranging the working table. (4) On the other hand, in term of determining the open office layout, installing the divider between the chief and subordinates, lighting, air sirculation, security, cleaness and the impressiveness, the office of Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga already provide the cosiness for the employees. Key words: office layout, working cosiness, open office layout.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 20:52
    Last Modified: 01 Jan 2017 20:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31134

    Actions (login required)

    View Item