STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA NATA DE COCO DI CV. BINTANG MAS KEC. JATEN KAB. KARANGANYAR

Maurerha, Dhila Psiki (2017) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA NATA DE COCO DI CV. BINTANG MAS KEC. JATEN KAB. KARANGANYAR. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (150Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya penerimaan, biaya dan keuntungan, mengetahui faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan usaha, mengetahui alternatif strategi, dan mengetahui prioritas strategi yang paling efektif diterapkan dalam mengembangkan usaha nata de coco di CV. Bintang Mas. Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan teknik penelitian studi kasus.Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu di CV. Bintang Mas. Pengambilan responden dilakukan dengan carapurposive (sengaja). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan pencatatan. Metode analisis data menggunakan analisis usaha, matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Eksternal Factor Evaluation (EFE), matriks SWOT (Strengths Weakness Opportunities Threats), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Penerimaan yang diterima CV. Bintang Mas selama bulan Maret 2016 adalah sebesar Rp 46.000.000,00, total biaya sebesar Rp 36.205.965,00, dan keuntungan sebesar Rp 9.794.035,00. Faktor lingkungan internal yang menjadi kekuatan utama yaitu produksi berjalan dengan teratur dengan nilai skor sebesar 0,5422. Faktor lingkungan internal yang menjadi kelemahan utama yaitu adalah diversifikasi produk rendah dengan nilai skor sebesar 0,0712. Faktor lingkungan eksternal yang menjadi peluang utama yaitu tidak ada industri yang sama di daerah setempat dengan skor 0,6020. Faktor lingkungan eksternal yang menjadi ancaman utama yaitu musim mempengaruhi proses produksi dengan skor 0,5664. Alternatif strategi usaha nata de coco CV. Bintang Mas adalah meningkatkan kuantitas hasil produksi, menetapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk menjaga kualitas produk nata de coco, membuat pengembangan produk nata de coco dan pengembangan pasar dan perluasan pasar. Prioritas strategi yang dapat dilakukan pada usaha nata de coco CV. Bintang Mas adalah membuat pengembangan produk nata de coco. Kata Kunci: Nata de Coco, Keuntungan, Strategi Pengembangan, SWOT, QSPM

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Fakultas Pertanian > Agribisnis
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 20:40
    Last Modified: 01 Jan 2017 20:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31131

    Actions (login required)

    View Item