PERAN DESAIN GRAFIS DALAM PRODUKSI MEDIA CETAK DI PT. JOGLOSEMAR PRIMA MEDIA

ADITYA W, BASTIAN (2017) PERAN DESAIN GRAFIS DALAM PRODUKSI MEDIA CETAK DI PT. JOGLOSEMAR PRIMA MEDIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (585Kb)

    Abstract

    BASTIAN ADITYA WARDANA "PERAN DESAIN GRAFIS DALAM PRODUKSI MEDIA CETAK DI PT. JOGLOSEMAR PRIMA MEDIA" Kegiatan menciptakan rancangan benda cetak untuk tujuan komunikasi grafis telah dilakukan di daratan Cina dan di Eropa lama sebelum abad ke 15. Waktu yang persis tidak ada seorangpun yang yakin, namun contoh-contoh cetakan kuno yang digarap dengan indah cukup banyak ditemukan. Menciptakan hasil cetak yang indah dan komunikatif ternyata sudah menjadi budaya yang punya sejarah panjang. Pada waktu itu, hubungan antara pekerjaan seni (visual) dengan teknik (cetak) terjadi dalam satu bengkel atau gilda cetak yang akrab. Dunia periklanan saat ini mengalami kemajuaan yang sangat pesat, hal ini ditandai dengan adanya peningkatan billing atau dana iklan yang dialami biro–biro iklan lain. Kita mengetahui bahwa peranan periklanan sangat penting sekali terutama untuk memasarkan serta mengenalkan barang dan jasa dari suatu perusahaan supaya dikenal oleh masyarakat luas. Iklan merupakan suatu bagian dalam bidang industri di dunia modern saat ini, iklan memiliki peran sebagai alat untuk mengajak, mempengaruhi dan atau merayu masyarakat yang sebagaimana adalah sebagai konsumen bagi industri atau agen iklan, iklan memiliki kemampuan yang dapat menembus situasi dan kondisi yang semula sulit dijangkau dan akhirnya biasa digunakan untuk mempengaruhi orang menjadi antusias terhadap sebuah produk. Setelah penulis melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) di PT. Joglosemar Prima Media pada posisi sebagai desain grafis dan layouter, yang mendapatkan pekerjaan untuk mendesain dan melayout koran yang akan diterbitkan oleh harian Joglosemar, dari sini penulis menyimpulkan bahwa “PERAN DESAIN GRAFIS DALAM PRODUKSI MEDIA CETAK DI PT. JOGLOSEMAR PRIMA MEDIA” adalah sebagai berikut : 1. Desain grafis (grapic design) merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang mampu menyampaikan informasi dan pesan yang efektif kepada konsumen. 2. Terbukti bahwa desain grafis memang sudah ada sejak zaman palaeolitichum, dimana hal itu di buat bukan sebagai karya seni melainkan bertujuan sebagai media komunikasi visual. 3. Saat ini desain grafis merupakan kombinasi antara kata-kata dan gambar/foto dan ilustrasi yang di gabungkan dalam rangka untuk mengkomunikasikan suatu pesan. 4. Desain grafis dalam mengkomunikasikan pesan supaya pesan tersebut menarik, dapat dipahami dan dimaknai oleh konsumen. 5. Dengan demikian, penulis memahami bahwa PT. Joglosemar Prima Media memanfaatkan desain grafis untuk menyampaikan berita atau informasi supaya lebih menarik dan di mengerti oleh konsumen

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 20:32
    Last Modified: 01 Jan 2017 20:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31128

    Actions (login required)

    View Item