Efektivitas Model Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016

DIASTUTI, RESKI (2017) Efektivitas Model Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (4Mb)

    Abstract

    Reski Diastuti. K5411053. EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, September 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara penggunaan model Problem Based Learning, model Inkuiri Terbimbing, dan model pembelajaran ekspositori, 2) perbandingan model Problem Based Learning dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, 3) perbandingan model Inkuiri Terbimbing dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan 4) perbandingan model Problem Based Learning dan model Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only with Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling dengan hasil kelas XI IPS 5 sebagai Kelas Kontrol, kelas XI IPS 4 sebagai Kelas Eksperimen I, dan XI IPS 3 sebagai Kelas Eksperimen II. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis menggunakan tes dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan uji anava satu arah dan uji lanjut pasca anava dengan metode Scheffe’ pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik antara penggunaan model Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan model pembelajaran ekspositori, 2) model Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, 3) model Inkuiri Terbimbing lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori pada kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan 4) model Problem Based Learning lebih efektif dibandingkan model Inkuiri Terbimbing pada kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci : Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, kemampuan berpikir kritis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 01 Jan 2017 19:19
    Last Modified: 01 Jan 2017 19:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31109

    Actions (login required)

    View Item