Strategi Komunitas Permainan Tradisional Sebagai Fasilitator Permainan Tradisional Bagi Anak-Anak (Studi Kasus Pada Komunitas Anak Bawang di Kota Surakarta)

Mardatila, Cindy (2016) Strategi Komunitas Permainan Tradisional Sebagai Fasilitator Permainan Tradisional Bagi Anak-Anak (Studi Kasus Pada Komunitas Anak Bawang di Kota Surakarta). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1378Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (189Kb)

      Abstract

      CINDY MARDATILA. D0312019. Strategi Komunitas Pecinta Permainan Tradisional Sebagai Fasilitator Permainan Tradisional Bagi Anak-Anak (Studi Kasus Pada Komunitas Anak Bawang di Kota Surakarta). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016. Di Kota Surakarta sangat jarang sekali terlihat ada komunitas yang berdiri dengan tujuan untuk terus melestarikan permainan tradisional. Namun demikian, perlu adanya strategi yang dapat menyokong tujuan, visi serta misi mereka agar dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan segala bentuk strategi yang dilakukan agar dapat terus mempertahankan, melestarikan maupun memperkaya permainan tradisional terlebih agar dapat merubah minat anak-anak untuk lebih mencintai kebudayaannya sendiri. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsionalisme Struktural (AGIL) oleh Talcott Parsons dan Teori Interaksionisme Simbolik oleh George Herbert Blumer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Informan dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, pedoman wawancara, dan observasi. Validitas data dengan menggunakan triangulasi data. Teknik analisa data yaitu dengan model analisa interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya dalam suatu komunitas dibutuhkan suatu strategi khusus agar dapat tercapainya suatu tujuan bersama. Namun tidak dapat dipungkiri di dalam proses tersebut pasti akan ada banyak hambatan yang datang menghampiri, sedang di balik itu tentu juga pasti ada suatu dorongan yang menjadikan Komunitas Anak Bawang ini terus bertahan. Kendati demikian, banyak harapan-harapan baik di dalam maupun di luar, agar Komunitas Anak Bawang ini tetap terus bertahan dan melestarikan permainan tradisional. Kata Kunci: Strategi, Komunitas Anak Bawang, Permainan Tradisional

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
      Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
      Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 31 Dec 2016 06:37
      Last Modified: 31 Dec 2016 06:37
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31099

      Actions (login required)

      View Item