Profil Kesulitan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Transformasi Ditinjau Dari Gender

ISMANTO , BODRO DANANG (2016) Profil Kesulitan Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Transformasi Ditinjau Dari Gender. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (154Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (100Kb)

      Abstract

      ABSTRAK Bodro Danang Ismanto. K1312018. PROFIL KESULITAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH GEOMETRI TRANSFORMASI DITINJAU DARI GENDER. Skripsi, Surakarta :Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2016. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui profil kesulitan yang dialami mahasiswa laki-laki pendidikan matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam memecahkan masalah geometri transformasi (2) Mengetahui profil kesulitan yang dialami mahasiswa perempuan pendidikan matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta dalam memecahkan masalah geometri transformasi (3) Mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sebelas Maret Surakarta mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah geometri transformasi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode wawancara. Validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui langkah – langkah (1) Reduksi data. (2) Penyajian Data. (3) Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) Profil kesulitan mahasiswa laki-laki dalam memecahkan masalah Geometri Transformasi: (a) Kesulitan dalam memahami masalah yang diberikan, yaitu mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami hal yang diketahui dan yang ditanyakan serta definisi tertentu dalam soal (b) Kesulitan menentukan strategi penyelesaian masalah yang tepat, yaitu mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan rencana pemecahan masalah dan menerapkan konsep atau teorema dalam pemecahannya (c) Kesulitan melakukan prosedur matematik yang benar, yaitu mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengoperasikan hitungan sehingga tidak tepat dalam menentukan jawaban akhir. (2) Profil kesulitan mahasiswa perempuan dalam memecahkan masalah Geometri Transformasi: (a) Kesulitan dalam memahami masalah yang diberikan, yaitu mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami hal yang diketahui dan ditanyakan serta definisi tertentu dalam soal (b) Kesulitan menentukan strategi penyelesaian masalah yang tepat, yaitu mahasiswa mengalami kesulitan dalam menentukan rencana pemecahan masalah dan menerapkan konsep atau teorema (c) Kesulitan melakukan prosedur matematik yang benar, yaitu mahasiswa mengalami kesulitan dalam melakukan proses pengerjaan sehingga tidak tepat dalam menentukan jawaban akhir. (3) Faktor-faktor internal yang menyebabkan mahasiswa mengalami kesulitan: (a) Kurang memahami materi ajar Geometri Transformasi (b) Daya ingat mahasiswa terhadap rumus maupun definisi seputar transformasi masih kurang (c) Keahlian menghitung dan menerapkan konsep mahasiswa masih kurang (d) Kurangnya latihan dalam mengerjakan soal dalam bentuk melukis. Kata Kunci: Profil kesulitan, pemecahan masalah, gender, geometri transformasi.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 31 Dec 2016 06:31
      Last Modified: 31 Dec 2016 06:31
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31096

      Actions (login required)

      View Item