PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS V SLB-E PRAYUWANA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

PAMUNGKAS, ARDI NUR (2016) PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS V SLB-E PRAYUWANA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (846Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (96Kb)

      Abstract

      Ardi Nur Pamungkas.PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS V SLB – E PRAYUWANA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2016. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, dan mendrible untuk anak tunagrahita dengan menggunakan metode penggunaan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SLB-E Prayuwana Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SLB – E Prayuwana Surakarta yang berjumlah 6 Siswa yang terdiri dari 3 siswa putera dan 3 siswa puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar pola gerak dasar lokomotor pada Siklus I dari 6 siswa mencapai 66,67% atau sebanyak 4 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100% atau semua siswa telah mencapai kriteria tuntas dengan KKM 2,67. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V SLB – E Prayuwana Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017. Kata Kunci: Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif, Anak Tunagrahita, metode Pembelajaran, Alat Bantu Pembelajaran.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 31 Dec 2016 06:08
      Last Modified: 31 Dec 2016 06:08
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31087

      Actions (login required)

      View Item