PENGARUH PEMBERIAN SUKROSA DAN KUMARIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN STEK MIKRO TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum Linn.) VARIETAS GRANOLA KEMBANG

MANJASWARI, AGIKA (2016) PENGARUH PEMBERIAN SUKROSA DAN KUMARIN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN STEK MIKRO TANAMAN KENTANG (Solanum tuberosum Linn.) VARIETAS GRANOLA KEMBANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (199Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (199Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai konsentrasi sukrosa dan kumarin terhadap pertumbuhan dan perkembangan stek mikro tanaman kentang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor kombinasi konsentrasi sukrosa dan kumarin. Konsentrasi sukrosa yang terdiri atas lima taraf yaitu 0, 30, 50, 70, dan 90 g/l. Konsentrasi kumarin yang terdiri atas lima taraf yaitu 0, 20, 40, 60, dan 80 mg/l. Pengamatan dan pengambilan data dilakukan selama dua bulan setelah penanaman eksplan. Parameter yang diamati meliputi perubahan karakter morfologi yaitu persentase eksplan merespon media, waktu munculnya tunas, tinggi tunas, jumlah tunas, waktu munculnya daun, jumlah daun, waktu munculnya akar, jumlah akar dan panjang akar. Data perubahan karakter morfologi dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5% untuk mengetahui jika terdapat beda nyata antar perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian sukrosa dan kumarin maupun kombinasinya dalam media mampu membantu untuk perbanyakan stek mikro.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > Q Science (General)
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 31 Dec 2016 05:38
      Last Modified: 31 Dec 2016 05:38
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31079

      Actions (login required)

      View Item