PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA KARTU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

PRASEDHITA J, ROHMAN (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DENGAN MEDIA KARTU CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOTOMO NO. 97 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (96Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (96Kb)

      Abstract

      Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak melalui penggunaan model pembelajaran cooperative script dengan media kartu cerita dan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran cooperative script dengan media kartu cerita dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa kelas V SDN Purwotomo No.97 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Purwotomo No. 97 yang berjumlah 21 siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan menyimak dapat meningkat melalui model pembelajaran cooperative script dengan media kartu cerita pada siswa kelas V SDN Purwotomo No. 97. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa mulai dari pratindakan, siklus I, siklus II, dan siklus III. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 38,10% atau 8 siswa, pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal mencapai 61,90% atau 13 siswa, pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal mencapai 76,19% atau 16 dari 21 siswa, dan pada siklus III tingkat ketuntasan klasikal mencapai 90,48% atau 19 dari 21 siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam menyimak materi, fokus dalam berdiskusi dan belajar, kreatif dalam mengemukakan ide dan pendapat, siswa lebih menghargai teman dalam berdiskusi, guru menjadi kreatif dalam menggunakan model pembelajaran, kinerja guru menjadi lebih baik, dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kata kunci: cooperative script, kartu cerita, keterampilan menyimak.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
      Depositing User: Mujahidah Showafah
      Date Deposited: 27 Dec 2016 21:54
      Last Modified: 27 Dec 2016 21:54
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31075

      Actions (login required)

      View Item