Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dengan Model Inkuiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem II No. 172 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

ABDUL F A F, RIZAL (2016) Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dengan Model Inkuiri pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem II No. 172 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (965Kb)

    Abstract

    Abstrak : Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita siswa kelas IV SD. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN Karangasem II No. 172 Surakarta berjumlah 36 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam duasiklus. Setiap siklus terdapat dua pertemuan terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi data dan sumber. Analisis data dilakukan melalui analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita di kelas IV SD. Kata Kunci: Inkuiri, Soal Cerita, pecahan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Dec 2016 21:51
    Last Modified: 27 Dec 2016 21:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31074

    Actions (login required)

    View Item