HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN BERLIAN NUSANTARA MAGETAN

MALASARI, RATIH BUDI (2016) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN BERLIAN NUSANTARA MAGETAN. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (162Kb)

    Abstract

    HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI KEBIDANAN BERLIAN NUSANTARA MAGETAN Ratih Budi Malasari2, Sunardi 11, Nunuk Suryani 22 Magister Kedokteran Keluarga Program PASCASARJANAUNS Sarimala_87@yahoo.co.id ABSTRAK Latar Belakang : Prestasi belajar dipengaruhi banyak faktor. Faktor tersebut antara lain lingkungan belajar dan motivasi belajar. Lingkungan belajar yang baik akan menumbuhkan motivasi belajar pada mahasiswa sehingga berpengaruh pada prestasi belajar yang baik pula. Lingkungan belajar meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Motivasi dalam belajar merupakan faktor penting dalam mendorong mahasiwa melaksanakan kegiatan belajar. Semakin tinggi motivasi belajar maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar yang diperoleh. Adapun motivasi belajar meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa Akademi kebidanan Berlian Nusantara Magetan Tahun 2015. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan metode penelitian “cross sectional”. Populasi semua mahasiswa semester III dan V Akademi Kebidanan Berlian Nusantara Magetan, yaitu sebanyak 51 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik “total sampling”. Instrumen berupa Indeks Prestasi Kumulatif dan kuesioner lingkungan belajar serta motivasi belajar. Pada kuesioner dilakukan tes validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Data dianalisis menggunakan uji F dengan signifikansi ρ sebagai ukuran adanya hubungan. Analisis data menggunakan program SPSS v.17. Hasil :Tidak ada hubungan lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar (ρ : 0,085 > 0,05). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,098 artinya 9,8 % variabel lingkungan belajar dan motivasi mampu menjelaskan variabel prestasi belajar dan 90,2 % dijelaskan faktor lainnya. Kesimpulan : Lingkungan belajar dan motivasi belajar sebenarnya sangat berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Disarankan bagi institusi pendidikan, keluarga dan masyarakat untuk tetap menciptakan lingkungan belajar yang baik sehingga menumbuhkan motivasi belajar yang tinggi serta faktor-faktor lain yang berpengaruh pada perolehan prestasi belajar yang baik. Kata Kunci : lingkungan belajar, motivasi belajar, prestasi belajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 27 Dec 2016 21:31
    Last Modified: 27 Dec 2016 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31069

    Actions (login required)

    View Item