PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN PERIODIC REVIEW DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TINGKAT PERMINTAAN FUZZY, KESALAHAN INSPEKSI, DAN PARTIAL BACKORDER

MAYANGSARI, SELVIA (2016) PENGEMBANGAN MODEL PERSEDIAAN PERIODIC REVIEW DENGAN MEMPERTIMBANGKAN TINGKAT PERMINTAAN FUZZY, KESALAHAN INSPEKSI, DAN PARTIAL BACKORDER. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (13Kb)

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini mengembangkan sebuah model persediaan terintegrasi antara vendor-buyer dengan kebijakan periodic review. Di dalam model mempertimbangkan adanya tingkat permintaan fuzzy, kesalahan inspeksi, dan parsial backorder. Pihak buyer menghadapi permintaan yang probabilistik. Tingkat permintaan diselesaikan dengan pendekatan bilangan fuzzy segitiga. Proses inspeksi diadakan oleh pihak buyer untuk mengecek produk yang diterima dari pihak vendor. Proses inspeksi dan proses produksi yang terjadi tidak sempurna. Inspektur melakukan kesalahan dalam mengkategorikan produk. Produk cacat yang ditemukan oleh inspektur akan dikembalikan ke vendor pada pengiriman berikutnya. Kekurangan persediaan diijinkan dan diselesaikan dengan backorder yang bersifat parsial. Tujuan dari model ini adalah menentukan review period, frekuensi pengiriman, dan kecepatan produksi yang optimal sehingga dapat meminimasi total biaya dari sistem rantai pasok. Contoh numerik diberikan sebagai ilustrasi dari model yang dikembangkan. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa kenaikan parameter probabilitas kesalahan tipe I, bilangan fuzzy satu dan dua mempengaruhi total biaya gabungan sistem. Sedangkan tingkat kecacatan, rasio backorder, dan probabilitas kesalahan tipe II tidak berpengaruh terhadap fungsi tujuan total biaya gabungan maupun variabel keputusan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 14 Dec 2016 21:42
    Last Modified: 14 Dec 2016 21:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31059

    Actions (login required)

    View Item