MODIFIKASI KARBOKSIMETIL KITOSAN (KMK) TERSAMBUNG SILANG BISPHENOL A DIGLYCIDYL ETHER (BADGE) DENGAN TEMPLATE ION Cu(II) SEBAGAI ADSORBEN ION Cu(II)

, SALSABILAH (2016) MODIFIKASI KARBOKSIMETIL KITOSAN (KMK) TERSAMBUNG SILANG BISPHENOL A DIGLYCIDYL ETHER (BADGE) DENGAN TEMPLATE ION Cu(II) SEBAGAI ADSORBEN ION Cu(II). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (174Kb)

    Abstract

    Telah dilakukan penelitian tentang modifikasi karboksimetil kitosan yang tersambung silang bisphenol A diglycidyl ether (BADGE) dengan template ion Cu(II) (KMK-BADGE-t) sebagai adsorben ion Cu(II). Kajian adsorpsi meliputi pengaruh keasaman medium, model kinetika, dan isoterm adsorpsi. Adsorpsi bersaingan dengan ion Cd(II), Pb(II), atau Zn(II) dilakukan untuk mengetahui selektivitas adsorpsi terhadap ion Cu(II). Desorpsi berulang dilakukan untuk mengetahui berapa kali adsorben dapat digunakan. Adsorben KMK-BADGE-t disintesis melalui 4 tahap yaitu sintesis karboksimetil kitosan, pemasukan ion Cu(II) sebagai template ion, sambung silang dengan bisphenol A diglycidyl ether (BADGE), dan pelepasan ion Cu(II) dari adsorben untuk membentuk rongga (cavity). Proses adsorpsi ion Cu(II) dilakukan dengan metode batch adsorption sebagai variasi pH, waktu kontak, konsentrasi awal ion Cu(II). Uji selektivitas adsorpsi dilakukan pada ion Cu(II) terhadap ion Cd(II), Pb(II), dan Zn(II). Uji reusability dilakukan dengan mendesorpsi adsorben bekas adsorpsi menggunakan asam klorida. Analisis logam Cu(II) sebelum dan sesudah proses adsorpsi menggunakan metode spektroskopi serapan atom (SSA). Hasil penelitian menunjukkan kondisi optimum adsorpsi ion Cu(II) pada adorben terjadi pada pH 6, waktu kontak 60 menit dan konsentrasi 50 ppm untuk setiap 10 mg adsorben. Adsorpsi mengikuti kinetika pseudo-orde dua dengan konstanta laju adsorpsi 2,9×10-3 g mg-1 menit-1. Kajian isoterm adsorpsi ion Cu(II) pada adsorben menunjukkan bahwa adsorpsi mengikuti isoterm model Langmuir dengan kapasitas adsorspi sebesar 0,276×10-3 mol/g adsorben. Adanya ion Cd(II), Pb(II), atau Zn(II) bersamaan dengan ion Cu(II) mempengaruhi kemampuan adsorpsi dari kitosan dan KMK-BADGE-t, namun diketahui bahwa KMK-BADGE-t lebih selektif mengadsorp ion Cu(II) daripada ion Pb(II). Desorpsi berhasil dilakukan pada KMK-BADGE-t dan diketahui dari uji reusability dapat digunakan berulang 4 kali. Kata kunci : kitosan, KMK-BADGE-t, adsorpsi, Cu(II)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
    Depositing User: Mujahidah Showafah
    Date Deposited: 14 Dec 2016 21:28
    Last Modified: 14 Dec 2016 21:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31056

    Actions (login required)

    View Item