PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI 01 SMA NEGERI 1 GIRIMARTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016.

WAHYUDIATI, MARETHA CHRISTIANA (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI 01 SMA NEGERI 1 GIRIMARTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (342Kb)

    Abstract

    Maretha Christiana W. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI 01 SMA NEGERI 1 GIRIMARTO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2016. Tujuan dalam penellitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Girimarto, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think Pair Share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi-refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI 01SMA Negeri 1 Girimarto yang berjumlah 30 siswa. sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, angket, tes, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi data dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi, Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas XI 01 SMA Negeri 1 Girimarto tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase ketercapaian indikator dalam angket aktivitas siswa. Pada prasiklus rata-rata ketercapaian 24,58% sedangkan siklus I rata-rata ketercapaian sebesar 67,49% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,51% perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 80%; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan nilai hasil tes kognitif, pada prasiklus siswa yang tuntas sebanyak 53,33% sedangkan sikus I 63,33% dan pada siklus II menjadi 83,33%, hasil ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 80%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri 1 Girimarto Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Kata kunci: model pembelajaraan kooperatif, Think Pair Share, aktivitas, prestasi belajar, pelajaran sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 07:55
    Last Modified: 14 Dec 2016 07:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31046

    Actions (login required)

    View Item