Model Persediaan Pemasok-Pembeli dengan Mempertimbangkan Repairable Item, Inspection Error dan Lot Pengiriman Yang Berbeda

Hamdani, Irfan Hilmi (2016) Model Persediaan Pemasok-Pembeli dengan Mempertimbangkan Repairable Item, Inspection Error dan Lot Pengiriman Yang Berbeda. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (242Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengembangkan sebuah model persediaan terintegrasi untuk sistem pemasok tunggal-pembeli tunggal. Dalam model ini, diasumsikan bahwa permintaan pembeli adalah deterministik, dan proses produksi berjalan dengan tidak sempurna sehingga menghasilkan sejumlah produk yang cacat. Pengiriman untuk pemasok tunggal-pembeli tunggal selalu meningkat dengan faktor yang tetap. Setelah pengiriman datang kepada pembeli, proses inspeksi kemudian dijalankan. Kesalahan inspeksi dapat terjadi saat inspektur salah mengklasifikasikan barang baik sebagai barang cacat atau mengklasifikasikan barang cacat sebagai barang baik. Semua produk yang cacat ataupun dikategorikan tidak cacat akan dilakukan proses repair di repair shop. Setelah barang cacat datang ke repair shop, akan dilakukan proses inspeksi secara sempurna. Item yang cacat akan diperbaiki dan dikembalikan kepada pembeli. Model ini menyediakan solusi optimal dari total biaya gabungan dari pemasok tunggal-pembeli tunggal. Hasil dari contoh numerik memperlihatkan bahwa model ini memberikan total biaya gabungan yang lebih rendah dibandingkan dengan model dengan ukuran pengiriman yang sama.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > T Technology (General)
    T Technology > TS Manufactures
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 07:48
    Last Modified: 14 Dec 2016 07:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31043

    Actions (login required)

    View Item