Analisis Kompetensi Guru Berbasis Uji Kompetensi Guru (UKG) Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016

RETNO W, FARIDA (2016) Analisis Kompetensi Guru Berbasis Uji Kompetensi Guru (UKG) Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (210Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Farida Retno Wardhani. ANALISIS KOMPETENSI GURU BERBASIS UJI KOMPETENSI GURU (UKG) PADA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) BIDANG KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan profesional guru SMK bidang keahlian Adminstrasi Perkantoran di Surakarta yang telah mengikuti UKG; (2) Hambatan-hambatan yang dialami guru SMK bidang keahlian Administrasi Perkantoran di Surakarta dalam mengikuti UKG; dan (3) Jenis pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dibutuhkan oleh guru SMK bidang keahlian Administrasi Perkantoran di Surakarta yang memperoleh hasil UKG dibawah standar untuk dapat meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer berupa kata-kata dari informan dan sumber data sekunder berupa dokumentasi dan arsip hasil UKG Tahun 2015. Teknik cuplikan informan penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesional guru SMK bidang keahlian Administrasi perkantoran di Surakarta sudah baik namun masih perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat dari (a)kompetensi pedagogik maupun profesional sudah dilaksanakan sesuai indikator Permendiknas No.16 Tahun 2007 (b) rata-rata nilai UKG pada kompetensi pedagogik sebesar 51,13 dan kompetensi profesional 58,32 (c) nilai rata-rata kompetensi pedagogik melalui kuesioner sebesar 78,35 dan kompetensi profesional sebesar 72,73. (2) Hambatan yang dialami guru SMK bidang keahlian Administrasi Perkantoran dalam mengikuti UKG adalah materi yang diujikan pada kompetensi profesional terlalu luas, kurangnya penguasaan terhadap kompetensi pedagogik, kurangnya penguasaan terhadap komputer (3) Diklat yang dibutuhkan oleg guru SMK bidang keahlian Adminstrasi Perkantoran di Surakarta yang memperoleh hasil UKG di bawah standar untuk dapat meningkatkan profesionalitas guru diantaranya diklat pendalaman materi mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran, diklat tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bertahap, dan diklat komputer. Kata kunci: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, uji kompetensi guru

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 06:59
    Last Modified: 14 Dec 2016 06:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31037

    Actions (login required)

    View Item