PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING dan PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI TINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SMA NEGERI SE-SURAKARTA

TAMBA, EVAN EDO ASIDO (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING LEARNING dan PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI TINJAU DARI KREATIVITAS SISWA SMA NEGERI SE-SURAKARTA. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1060Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Evan Edo Asido Tamba. Nim.S86150201. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Learning dan Project Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Kreativitas Siswa SMA Negeri se-Surakarta Pembimbing pertama, Prof. Dr. ,Mulyoto, M.Pd, Pembimbing kedua Dr. Sudiyanto, M.Pd. Program pascasarjana FKIP, Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Pengaruh model pembelajaran problem solving learning dan project based learning terhadap hasil belajar sejarah. 2). Perbedaan pengaruh sisw yang memiliki kreativitas tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar sejarah. 3). Pengaruh interaksi penggunaan model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dimana penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun populasi sasarannya dilakukan pada SMA Negeri se-Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016, pemilihan yang digunakan adalah dengan metode cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 peserta didik, 35 diantaranya adalah pelitian dengan menggunakan model problem solving learning atau penelitian kelas eksperimen pada SMAN 1 Surakarta dan 33 siswa diambil dengan menggunakan model project based learning atau penelitian kelas kontrol pada SMAN 3 Surakarta. Instrumen ujicoba soal untuk melakukan uju validasi, tingkat kesukaran, tingkat diferensiasi dan realibilitas. Instrumen ujicoba soal kreativitas untuk melakukan uju validasi, tingkat kesukaran, tingkat diferensiasi dan realibilitas terhadap angket kreativitas. Selanjutnya dilakukan deskripsi data, uji kesetaraan, normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan 2 x 3 dengan anava dua jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran problem solving learning (PSL) dan project based learning (PBL) terhadap hasil belajar sejarah, dengan evidensi Fhitung > Ftabel (14.116 > 5,66) dengan tingkat signifikan 5% (2) ada perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar sejarah, dengan evidensi Fhitung > Ftabel (3.838 > 5,66) dengan tingkat signifikan 5%. (3) tidak ada pengaruh intraksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kreativitas dengan hasil belajar sejarah dengan evidensi evidensi Fhitung < Ftabel (1.076 < 5,66) pada tingkat signifikansi 5%. Kata Kunci : Problem Solving Learning (PSL), Project Based Learning (PBL), kreativitas, dan hasil belajar sejarah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LA History of education
    L Education > LB Theory and practice of education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 06:50
    Last Modified: 14 Dec 2016 06:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31034

    Actions (login required)

    View Item