Pengaruh Pemberian Freeze Dried Human Amniotic Membrane terhadap Fungsi N. Ischiadicus pasca Anastomosis pada Tikus Sprague dawley

Putra, Eko Perdana (2016) Pengaruh Pemberian Freeze Dried Human Amniotic Membrane terhadap Fungsi N. Ischiadicus pasca Anastomosis pada Tikus Sprague dawley. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (106Kb)

    Abstract

    Pendahuluan. Cidera saraf tepi merupakan kondisi yang sering ditemui pada dunia medis. Saraf yang cidera, jika tidak diberbaiki secepat mungkin, akan menyebabkan denervasi jangka panjang dan kegagalan persarafan organ target. Hal ini menyebabkan manifestasi denervasi, seperti atrofi otot, kehilangan fungsi sensorik, dan lain lain. Membran amnion telah digunakan secara luas pada bidang oftalmologi dan penyembuhan cidera kulit karena efek antiinflamasinya. Pada penelitian ini akan dilihat efek terapeutik membran amnion pada cedera nervus Ischiadicus. Materi dan Metode. Penelitian ini adalah penelitian post test only control group design pada 10 ekor tikus Sprague dawley. Pada semua tikus dilakukan transeksi nervus ischiadicus dan dilakukan reanastomosis dengan metode yang berbeda: Kelompok I (kelompok kontrol): terdiri dari 5 tikus, anastomosis dilakukan dengan jahit mikro epineural menggunalan benang nylon 8/0. Kelompok II: anastomosis dilakukan dengan jahit mikro epineural menggunalan benang nylon 8/0 kemudian dibungkus dengan freeze dried human amniotic membrane. Evaluasi fungsi dilakukan selama 3 minggu post operatif menggunakan walking track analysis dan dihitung menggunakan Sciatic Functional Index (SFI). Hasil. Rerata SFI kelompok kontrol pada hari ke-1 adalah -88.906 ± 0.011 dan kelompok perlakuan adalah -88.916 ± 0.011. Nilai ini menetap sampai hari ke-21. Hasil uji fungsi menunjukkan bahwa Sciatic Functional Index kelompok I dan II tidak berbeda secara signifikan. Kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian freeze dried human amniotic membran tidak berpengaruh terhadap Kata kunci: cidera nervus Ischiadicus, freeze dried human amniotic membrane, walking track analysis, sciatic functional index.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    R Medicine > RA Public aspects of medicine
    R Medicine > RC Internal medicine
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 06:45
    Last Modified: 14 Dec 2016 06:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31032

    Actions (login required)

    View Item