PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING FREE TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENUNJUKKAN SIKAP POSITIF TERHADAP KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

NUGRAHENI, DESY (2016) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MENGGUNAKAN APLIKASI ISPRING FREE TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI DASAR MENUNJUKKAN SIKAP POSITIF TERHADAP KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1126Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII A dan VIII E dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan lembar observasi. Uji ketepatan dan kesahihan angket penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia digunakan uji validitas dan reliabilitas. Adapun untuk menghitung valid tidaknya pernyataan angket digunakan rumus korelasi product moment. Sedangkan reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas internal dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi satu prediktor. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh antara penerapan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free (X) terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia (Y) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai rxy=0,723 dengan N=32 dan taraf signifikansi 5% serta rtabel=0,349. Sehingga rhitung (0,723) > rtabel (0,349), jadi disimpulkan ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Besarnya pengaruh atau sumbangan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia sebesar 52,3%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan media pembelajaran powerpoint menggunakan aplikasi Ispring Free terhadap penguasaan kompetensi dasar menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata Kunci : media powerpoint, Ispring Free, kompetensi dasar, kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia Abstract Desy Nugraheni. K6412016. THE EFFECT OF POWERPOINT LEARNING MEDIA APPLICATION USING ISPRING FREE APPLICATION ON THE MASTERY OF BASIC COMPETENCY “SHOWING POSITIVE ATTITUDE TO PEOPLE SOVEREIGNTY AND INDONESIAN GOVERNMENT SYSTEM” IN THE 8TH GRADERS OF SMP 16 SURAKARTA IN THE SCHOOL YEAR OF 2015/2016. Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Surakarta Sebelas Maret University, July 2016. This research aimed to find out whether or not there was an effect of powerpoint learning media application using Ispring Free application on the mastery of basic competency “Showing Positive Attitude to People Sovereignty and Indonesian Government System in the 8th graders of SMP 16 Surakarta in the school year of 2015/2016. The population of research was all of the 8th graders of SMP 16 Surakarta in the school year of 2015/2016. The sample selected included the 8th A and the 8th E grades taken using cluster random sampling technique. This research employed experimental method with True Experimental Design. Data collection was carried out using questionnaire and observation sheet. Validity and reliability testing on the questionnaire of the mastery of basic competency ““Showing Positive Attitude to People Sovereignty and Indonesian Government System” was carried out using validity and reliability test. To validate the questionnaire items, product moment correlation formula was used with Alpha Cronbach formula. Technique of analyzing data used was one-predictor regression one. Considering the result of research, it could be found that there was an effect of powerpoint learning media application using Ispring Free application (X) on the mastery of basic competency “Showing Positive Attitude to People Sovereignty and Indonesian Government System” (Y) in the 8th graders of SMP 16 Surakarta in the school year of 2015/2016. It could be seen from the result of data analysis obtained rxy = 0.723 with N=32 at significance level of 5% and rtable = 0.349. Thus, rstatistic (0.723) > rtable (0.349), so that it could be concluded that there was an effect of X on Y variables. The contribution of powerpoint learning using Ispring Free application to the mastery of basic competency showed positive attitude to people sovereignty and Indonesian government system of 52.3%. Thus, it could be concluded that there was a significant effect of powerpoint learning media application using Ispring Free application on the mastery of basic competency “Showing Positive Attitude to People Sovereignty and Indonesian Government System in the 8th graders of SMP 16 Surakarta in the school year of 2015/2016. Keywords: learning media, powerpoint using Ispring Free application, mastery

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    Depositing User: Agista Zulfa Dini
    Date Deposited: 14 Dec 2016 06:38
    Last Modified: 14 Dec 2016 06:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/31029

    Actions (login required)

    View Item